Tuah pamor Udan mas

Tuah pamor Udan mas

Tuah pamor udan mas

Salah satu pamor keris yang sangat terkenal dan paling banyak dicari oleh Pecinta Keris adalah pamor keris udan mas. Pamor udan mas ini bentuk pamornya berupa bulatan-bulatan bersusun yang tersebar dihampir dikeseluruhan bilah keris, mulai dari pangkal bilah hingga ke ujung bilahnya.

Pada umumnya bulatan-bulatan pamor tersebut terselip di antara pamor Wos wuntah, kadang ada sebagian  yang terpisah dari pamor lain, hanya dibagian sor-sorannya saja yang terselip dipamor lainnya. Pamor Udan Mas menjadi sangat terkenal dan banyak dicari para Pecinta Keris dan tosan aji karena dipercaya memiliki tuah yang dapat memperlancar rejeki sehingga membuat pemiliknya menjadi ” kaya raya”.

Anggapan seperti ini sebenarnya kurang tepat, karena menurut pendapat para Ahli Tajeg, tuah atau angsar pamor Udan Mas adalah untuk memudahkan pemiliknya mendapatkan rejeki, mencegah sifat boros, serta membuat pemiliknya luwes dalam pergaulan di masyarakat, jadi tidak menjadikan orang kaya raya.

Dari kepercayaan tentang tuah pamor itulah, maka pamor udan mas banyak diminati oleh pedagang dan pengusaha.

Pada masa sekarang, bukan hanya pedagang dan pengusaha saja yang memburu atau berminat dengan pamor udan mas, melainkan dari berbagai macam kalangan, pegawai pemerintah dan swasta, tentara dan Polisi, juga kaum petani banyak yang memburu pamor ini.

Sebagian pecinta keris pusaka, berpendapat bahwa pamor udan mas yang paling baik adalah keris pamor udan mas tangguh PAJAJARAN, kemudian keris pamor udan mas tangguh TUBAN.

Sangat perlu dipahami bahwa, tidak ada jaminan memiliki keris pamor udan mas anda akan menjadi orang yang kaya raya, tetapi hanya TUHAN lah yang memberikan kekayaan atas segala usaha yang telah kita lakukan.

Dilihat dari cara pembuatannya, pamor udan mas termasuk pamor mlumah dan pamor rekan.

Secara fungsi termasuk kedalam golongan pamor yang tidak pemilih, artinya siapa saja boleh memiliki keris atau tosan aji lainnya yang berpamor udan mas.

Pada sekitar tahun 1930-an, yang dinamakan pamor Udan Mas harus merupakan pamor tiban , bukan pamor rekan. Bila letak bulatannya tersusun rapi dan garis-garis lingkarannya tersusun rapi maka itu dianggap bukan pamor udan mas asli melainkan hanya pamor udan mas tiruan . Oleh karena itu, pamor yang diyakini asli pamor udan mas adalah pamor yang jaman sekarang disebut pamor tetesing warih / banyu tetes, mrutu sewu, dan sisik sewu.

Seiring dengan perkembangan jaman dan pengetahuan Tosan Aji, pendapat yang menyebutkan bahwa pamor udan mas hanyalah yang berpamor tiban mulai disisihkan. Maka jaman sekarang muncullah berbagai macam pola pamor udan mas yang tersusun rapi dan indah dipandang, bahkan muncul juga keris berluk yang berpamor udan mas, bukan hanya bentuk keris lurus saja.

Lihat video kami di bawah ini :

 

(Sumber : Buku Pamor Keris dan Buku Ensiklopedi Keris)